Jumat, 10 Juli 2009

...KECANTIKAN...

Sebagaimana ketampanan dan kecantikan lahir merupakan karunia terbesar dari Allah SWT atas hamba-Nya, begitu pula ketampanan dan kecantikan batin, ia merupakan nikmat dari Allah pula atas hamba-Nya yang wajib bersyukur. Jika kita mensyukurinya dengan bertaqwa kepada-Nya dan memeliharanya, maka ketampanan dan kecantikannya itu makin bertambah di samping ketampanan dan kecantikan yang lainnya. Sebaliknya, jika ia menggunakan ketampanan dan kecantikannya itu untuk durhaka kepada Allah SWT,tentulah ALLAH akan MURKA
Ketampanan dan kecantikan batin dapat mengalahkan keburukan rupa lahiriah dan dapat menutupinya, sedang keburukan batin dapat mengalahkan ketampanan dan kecantikan lahiriah dan dapat menutupinya.

Seperti dalam Syair:

Wahai orang yang tampan dan cantik wajahnya tetapi suka keburukan
janganlah engkau gantikan perhiasanmu
dengan keburukan
Wahai orang yang buruk wajahnya
tetaplah engkau berbuat baik,
jangan sampai kau himpunkan dua keburukan

Nabi SAW menyeru manusia untuk memperindah lahir dengan keindahan batin, sebagaimana yang dikatakan oleh Jabir bin 'Abdullah yang dijuluki oleh 'Umar bin Khaththab ra. sebagai orang yang paling tampan dari kalangan umat ini, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda kepadanya seperti ini:
" Engkau adalah seseorang yang telah dikaruniai oleh Allah rupa yang tampan, maka perindahlah ketampanan rupamu itu dengan akhlaqmu. " (HR. Daruquthniy)

Saudaraku,
Seorang bijak mengatakan bahwa dianjurkan bagi seorang hamba untuk berkaca setiap harinya Jika dia telah melihat ketampanan rupanya, maka janganlah membuatnya buruk karena keburukan perbuatannya itu.
Mengingat ketampanan dan kecantikan itu keberadaannya memang disukai oleh jiwa manusia dan dikagumi oleh hatinya, maka tidaklah Allah SWT mengutus seorang Nabi melainkan dengan rupa yang tampan, bagus wajahnya, mulia keturunannya, lagi baik suaranya. Itu menurut 'Ali bin Abi Thalib,
Rasulullah adalah makhluk Allah yang paling tampan dan paling bagus wajahnya, sebagaimana yang telah disebutkan oleh Al Barra bin 'Azis ketika ia ditanya:
" Apakah wajah Rasulullah SAW itu pipih seperti pedang? " Al Barra menjawab:
" Tidak, melainkan (tampan dan indah) seperti rembulan." ( Bukhari dan Tarmidzi)

Subhanallah....

Dalam gambaran rupa Nabi SAW disebutkan seakan-akan mentari beredar di wajahnya. Orang yang menggambarkannya mengatakan:
" Aku tidak pernah melihat orang yang setampan Beliau (SAW), baik sebelum maupun sesudahnya. "

Rabi'ah Al Juraisy telah mengatakan bahwa keindahan itu dibagi dua bagian, separuh keindahan dianugerahkan diantara Sarah (istri Nabi Ibrahim AS) dan Nabi Yusuf AS, sedang separuhnya yang lainnya buat semua manusia.

Dalam hadist shahih disebutkan bahwa Nabi SAW melihat Nabi Yusuf AS ketika pada malam Beliau diisra'kan, yang ternyata telah dianugerahi separuh ketampanan. ( Muslim dan Ahmad).

Rasulullah adalah seorang yang suka bila utusan yang disuruh datang untuk menghadap kepadanya adalah seorang yang berwajah tampan dan baik namanya lalu Beliau bersabda:
" Jika kalian mengutus seorang kepadaku, hendaknya dia seorang yang berwajah tampan dan bernama baik." (HR. Al Bazzar)

Al Kharaithiy telah meriwayatkan melalui Hadist Ibnu Juraij, dari Ibnu Abu Mulaikah, dari Ibnu 'Abbas RA. yang merafa'kannya sampai ke Rosululloh SAW:
"Barangsiapa yang dianugerahi oleh Alloh SWT wajah yang tampan, nama yang baik, akhlaq yang mulia, dan dijadikan-Nya di tempat yang tidak buruk baginya, maka dia adalah orang pilihan Alloh dari kalangan makhluk-NYA."

Wahb bin Munabbih mengatakan bahwa Nabi Daud AS pernah bertanya kepada Allah SWT, seperti ini:
" Wahai Tuhanku, siapakah di antara hamba-MU yang paling Engkau sukai? " Allah berfirman:
" Orang mukmin yang tampan rupanya." Nabi Daud AS bertanya lagi:
" Siapakah di antara hamba-MU yang paling Engkau murkai? " Allah berfirman:
" Orang kafir yang buruk rupanya.

Saudaraku,Ayesha RA bercerita:
'Bahwa Rasulullah SAW ditunggu oleh segolongan orang dari sahabatnya di depan pintu rumah, lalu Beliau SAW bercermin di air dan merapikan rambut serta jenggotnya, kemudian keluar menemui mereka. 'Ayesha RA bertanya:
" Wahai Rasulullah, engkau lakukan juga hal seperti ini? " Beliau menjawab:
" Benar, apabila seseorang keluar menemui saudara2nya, hendaknya ia merapikan dirinya, karena sesungguhnya Allah SWT itu indah lagi menyukai keindahan. "

...Harta yg plg menguntungkan ialah sabar.Teman yg plg akrab adalah amal.Pengawal pribadi yg plg waspada adalah diam.Bahasa yg plg manis adalah senyuman.Dan ibadah yg plg indah tentunya khusyuk...

Setiap muslim yang memberikan pakaian kepada muslim yang tidak berpakain, Allah akan memberikan pakaian syurga kepadanya. Setiap muslim yang memberi muslim lain yang kelaparan, Allah akan memberikan buah syurga kepadanya dan Setiap muslim memberi minum kepada muslim yang kehausan maka Allah akan memberikan minum kepadanya dari ar-Rahiqul Makhtum... ( ABU DAUD)

Barang siapa yang memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikannya kepentingannya. Barang siapa yang melapangkan suatu kesulitan sesama muslim, maka Allah akan melapangkan suatu kesulitan dari beberapa kesulitan di hari kiamat. Dan barang siapa yang menutupi kejelekan orang lain, maka Allah akan menutupi kejelekannya di hari kiamat... (Hadist Bukhari dan Muslim)

Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar ma'ruf dan nahi munkar yang kalian lakukan bagi saudaranya adalah sedekah, dan kalian yang menunjukan jalan bagi seseorang yang tersesat adalah sedekah.. (At Tirmizi Abu Dzar)

" Lidahmu Adalah Bentengmu .., Jika Engkau Menjaganya Maka Ia Akan Menjagamu .., Namun Apabila Engkau Membiarkannya Maka Ia Tak Akan Memperdulikanmu .., Persaudaraan Dan Silaturrahmi Karena Allah Swt Ibarat Dua Telapak Tangan ... Yang Satu Membersihkan Yang Lainnya ."

Sudahkah kita menyadari KECANTIKAN/KETAMPANAN Yg mana yg kita miliki?Sudahkah kita MENSYUKURINYA??
Jangan biarkan kecantikan/ketampanan kita hancur oleh hal-hal yang tidak berarti,Bila kita memiliki etika yang berlimpah,citra yan sehat,dan akhlak yang mulia,insyaallah kita dapat memba
hagiakan diri kita sendiri,bahkan orang lain,dan tentu saja kita akan terlihat CANTIK/TAMPAN dengan memiliki pemikiran yang lebih baik.

Buruk perangai adalah adzab,Kedengkian adalah racun,mengumpat adalah kehinaan,Mencari kesalahan orang lain adalah perbuatan yang rendah

DARIKU:
= Bersyukurlah sebanyak-banyaknya kepada ALLAH tanpa LELAH

= Cintailah ALLAH lebih dari apa yang kau CINTAI

= Jagalah Dirimu..Karena Engkau Dipandang Manusia Bukan Karena Rupa, Melainkan Karena Tingkah laku,Budi pekerti dan Adab

= Bersabarlah ... Karena Sabar Adalah Jalan Keluar Bagi Seseorang Yang Ingin Menemukan Jalan Keluar , Mengetahui Sesuatu Dan Memahaminya Adalah Lebih Baik Dari Pada Mengetahui Segala Sesuatu Tetapi Tidak Memahaminya ..
Barang Siapa Menanam Pasti Akan Menuai ..,

= Janganlah Sekali Kali Meremehkan Sesuatu Yang Baik , Walau Itu Hanya Sekedar Senyuman .

LUV,
Vi's

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar